Monday 5 January 2015

Silinder SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material)



Inovasi yang terjadi di dunia otomotif semakin berkembang tidak ketinggalan pabrikan suzuki  yang mengembangkan teknologi pemberian lapisan pada linier silinder yang bernama teknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material).Namun sebenarnnya nama paling umum dari teknologi SCEM ini yakni NiKaSIl (Nickle Silicon Carbide).
NiKaSil adalah trademark untuk proses pembuatan coating part mesin dengan cara electrodeposited lipophilic nickel matrix silicon carbide.



Metode NiKaSil sudah mulai di perkenalkan mulai 1967 untuk memberikan lapisan pada liner silinder dan piston mesin mesin Rotari dari mobil.
Alasan Silikon Karbida dipilih adalah karena silikon karbida merupakan salah satu jenis KERAMIK yang punya karakter sangat keras,kekerasan Silikon Karbida ini bahkan JAUH LEBIH KERAS dibandingkan dengan BAJA.



Alasan lainnya yaitu karena Silikon Karbida bisa di lebur bersama Nikel dan Campuran yang ada Nikelnya bisa di lapiskan ( di coating ) ke permukaan alumunium dengan cara electroplating.



Hampir semua basis material silinder dan piston itu terbuat dari alumunium jadi electroplating permukaan alumunium dengan Nikel-Silikon Karbida akan menghasilkan dinding Liner silinder mesin jadi lebih keras dan durable,sangat keras sampai-sampai kalau pistonnya terbuat dari alumunium biasa bisa-bisa pistonya yang lebih dahulu aus



Ketebalan coatingnya sendiri antara 10 -100 μm, dengan ukuran partikel silikon karbida hanya sebesar sekitar 2,5 μm.
Keuntungan penggunaan SCEM/ NiKaSil:
  • Karena masih menggunakan basisnya tetap menggunakan Alumunium maka daya hantar panas dan daya pelepasan panasnya tetap tinggi
  • Karena masih menggunakan basisnya tetap menggunakan Alumunium, maka beratnya tetap ringan. Suzuki hanya fokus di liner yang diberi lapisan coating
  • Dulu teknologi electroplating NiKaSil cukup costly/mahal namun Suzuki punya teknologi SCEM massal yang membuat proses NikaSil electroplating lebih murah

Namun teknologi ini juga punya sedikit lemahan, selain biasanya silikon karbida yang punya sifat oleophilic dan juga terutama yang suka mesin bore up dan segala macam, karena membuat lapisanya tidak gampang dan lapisannya sulit untuk dilepas kalau piston sudah kalah mending ganti piston sekaligus Ring pistonnya serta lapisan SCEM ini tipis ( ketebalannya biasanya berada di angka 10 -100 μm ) tapi cukup Kuat,sampai" sulit untuk di Kolter ( bubut dsb) inilah teknologi silinder yang dimiliki Suzuki.

2 comments:

  1. Mantabs, ngga nyesel beli Suzuki Hayate, semoga durability-nya bisa diandalkan.

    ReplyDelete
  2. kalau bisa untuk jenis silinder seperti jangan di kasih bensin yang kualitasnya rendah.. karena kalau di kasih bensin kualitas rendah dikawatirkan akan tervemas Sulphur yang bisa merusak lapisan SCEM

    ReplyDelete